Serba Online

Posted on

Dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi sudah terasa sangat mudah dan dengan kondisi ini ada yang sudah menikmati dan ada juga yang belum.

Bagi yang belum menikmati bisa jadi akibat kurang informasi atau memang belum mau memanfaatkan media online ini.

Dalam pemanfaatan media online ini kita memang harus bijak memilih dan memang bener-bener memerlukannya.

Media online salah satunya website yang ada saat ini banyak diakses melalui smartphone / mobile pada Oktober 2016 sebanyak 51,26% (menurut www.niagahoster.com), dengan demikian ini menunjukkan pada tahun 2016 saja penggunaan smartphone sudah lebih dari 50% digunakan untuk mengakses informasi melalui media online. Ini mungkin karena simple dan mudah dibawa kemana-mana dibandingkan dengan desktop/laptop.

Smartphone menjadikan informasi dalam genggaman kita.
Contoh media online:
Penerimaan Siswa Baru Online
Pengumuman Kelulusan Online
Belanja Barang Online
Taksi Mobil Online
Taksi Motor Online
Pesan Tiket Online
Antrian Paspor Online
dan banyak lagi yang lainnya.

Untuk kemudahan dalam permohonan pembuatan/perpanjangan Paspor saja saat ini kita harus antrian online dengan cara mendaftar melalui smartphone. Untuk memperoleh aplikasi tersebut cukup menginstall Antrian Paspor melalui Play Store yang ada Smartphone Android kita. Lalu daftarkan diri kita pada aplikasi tersebut sebagai pengenal atau pemilik account.

Melalui aplikasi Antrian Paspor Online kita dapat mengajukan permohonan untuk mendaftar online sesuai kebutuhan langkah-langkahnya sbb:

1. Pilih Kantor Imigrasi tempat kita mengurus paspor yang akan kita buat atau perpanjang.

2. Mengisi Form Permohonan Online
– Pilih Waktu
– isi email kita
– jumlah pemohon
– identitas pemohon

disarankan pendaftaran permohonan paspor pada hari Sabtu atau Minggu di Smartphone Anda.

Kita akan mendapat jam, hari, dan tanggal kita untuk mengurus paspor kita.

Datang ke Kantor Imigrasi dengan persyaratan umum berupa (melampirkan Dokumen Asli dan Fotocopy ukuran A4):

1. KTP
2. Kartu keluarga
3. Akta Lahir/Ijazah/Akte Perkawinan; (pilih salah satu)
4. Paspor RI Lama (bagi yang memilikinya.
5. Siapkan 2 lembar materai (@6000)

Masuk ke barisan Antrian sesuai jadwal yang telah ditetapkan secara online di Smartphone kita. Tunjukkan jadual di hp kita, juga Data QR Code di layar hp kita, disarankan keduanya discreenshot terlebih dahulu.

Jika telah diperiksa petugas kelengkapannya dan benar maka didaftar untuk proses selanjutnya.
Tunggu panggilan untuk difoto dan selesai, bayar ke loket kantor pos yang tersedia dan selesai pulang.

Semua dilakukan dengan cepat, akurat, singkat dan terperinci langkah yang akan kita lakukan.

Tiga atau empat hari kemudian setelah bayar kita datang lagi ke kantor terbut dengan membawa bukti pembayaran kita mengambil paspor kita.

Di Kantor Imigrasi Kelas I Palembang orang yang datang sudah menjadwalkan diri sesuai dengan jadual yang masuk ke smartphonenya, ini membuat suasana nyaman di kantor tersebut tanpa kita melihat orang berdesak-desakan.

Semoga bermanfaat, terima kasih.